Banner
wikipedia Indonesiaedukasi
Berita Terbaru
TRANS STUDIO SAMRINDA
Trans Studio derencanakan berdiri di Jalan ...

MOU PD. MBS & PT. MIRAH AGUNG RAYA
Dalam rangka menindaklanjuti salah satu program ...

Gubernur Kaltim Resmikan Balikpapan City Centre
BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek ...

Supermall Balikpapan
BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Balikpapan City ...

Blue Sky Pandurata Boutique Hotel Jakarta
Samarinda - Jl. Raden Saleh No. 12 Jakarta. ...

Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 73133
Pengunjung : 16139
Hari ini : 26
Hits hari ini : 173
Member Online : 0
IP : 54.82.190.130
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

perusda_mbs@yahoo.com    smdnet@ymail.com

Kaltim zoo

Tanggal : 25/03/2013

Bisnis.com, SAMARINDA: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim menargetkan pembahasan studi kelayakan dan detail engineering desain (DED) pembangunan kebun binatang Kaltim Zoo rampung pada 2013. Pengelola Jatim Park I dan Jatim Park II tertarik untuk menanamkan modal di Kaltim Zoo yang diproyeksikan menelan investasi Rp200 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim (Disbudpar), Achmad Adha menjelaskan pihaknya menargetkan studi kelayakan dan DED Kaltim Zoo selesai pada 2013. Dengan demikian investor yang hendak membangun Kaltim Zoo dengan lokasi terpilih di Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) akan lebih siap.

“KRUS yang akan terpilih menjadi lokasi Kaltim Zoo. Karena di situ masih terdapat hutan yang alami dan memiliki kekhasan dekat kota Samarinda. Lokasi itu cocok untuk kebun binatang yang sekaligus sebagai hutan pendidikan dan tempat rekreasi,” jelas Adha, Jumat (10/8/2012).

Saat ini, ada satu investor yang tertarik hendak membangun Kaltim Zoo dengan biaya Rp200 miliar di atas lahan KRUS seluas 40 hektare. Menurut Adha, investor yang tertarik itu adalah pengelola kebun binatang yang berpengalaman yaitu areal taman bunga Jatim Park I dan kebun binatang Jatim Park II di Batu Malang Jawa Timur.

“Pemprov Kaltim akan alokasikan anggaran untuk pembangunan sarana penunjang Kaltim Zoo di KRUS agar lebih siap dikelola investor. Seperti membangun jalan, sarana listrik dan air hingga tempat parkir dan wisata kuliner. Anggaran pembangunan itu akan diambil dari APBD P pada tahun depan. Pemprov Kaltim juga akan membereskan seluruh persoalan sarana infrastruktur KRUS sehingga investor siap masuk dan mengelola Kaltim Zoo,” kata Adha.

Lebih lanjut, Adha menjelaskan pembangunan Kaltim Zoo oleh investor dilaksanakan secara bertahap menyesuaikan minat pengunjung. Kaltim Zoo rencananya tidak hanya untuk menarik pengunjung wisatawan nusantara dari kota Samarinda tapi juga dari daerah luar.

Kunjungan wisatawan ke Kaltim pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 3 juta orang yang memberi sumbangan terbesar ketiga pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kaltim setelah sektor minyak dan gas (migas) tambang dan perkebunan kelapa sawit. (k26/msb)



Kembali ke Atas


Info Perusda MBS Lainnya :